Sabtu, 08 Oktober 2011

Tugas membuat penelitian , BAB 1


Nama : TRIA ARISTY
NPM : 11209656
Kelas : 3 EA 11


ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MANFAAT PELAYANAN MESIN ATM
Studi kasus : Bank DKI Jakarta timur
Tema : Teknologi

1.  Latar belakang masalah

1.1.      Fenomena

          Kebutuhan kita sebagai manusia memang sangat tidak terbatas. Begitu banyaknya kebutuhan, mendorong terciptanya solusi transaksi, dengan didukung ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi saat ini, yaitu adalah ATM.
Penggunaan ATM (automatic teller mechine) dalam kehidupan sekarang ini semakin berkembang, dengan kemudahan dan kepraktisannya, ATM kini mungkin bukan merupakan barang mewah bagi masyarakat khususnya perkotaan. Dimana ATM kini bagaikan dompet berjalan yang dapat dibawa ke mana saja , dengan nilai nominal yang tanpa batas, namun tanpa beban dan volume yang besar yang harus kita bawa.



1.2.      Riset terdahulu

PROSES KERJA DAN DAMPAK DARI MESIN ATM
Oleh :WATI ARIS ASTUTI, 2010

ATM (Anjungan Tunai Mandiri / Automatic Teller Machine) merupakan salah satu teknologi yang menerapkan konsep Proses Data berbasis Digital. Device ini mempunyai dua bagian penting yaitu Hard-ware yang terdiri dari Unit Pemroses dalam hal ini PC, serta sistem device interface yang menghubungkan pemakai/User me-lalui suatu kartu magnetik, dan Software yang berfungsi sebagai interface yang meng hubungkan User dengan Sistem dalam kaitan Data (Informasi).
Manfaat atas pelayanan yang diberikan oleh mesin ATM antara lain: penarikan uang tunai, dapat digunakan se-bagai tempat untuk memesan buku cek dan bilyet giro, dapat digunakan sebagai tempat untuk meminta rekening koran, dapat digunakan sebagai tempat untuk mengecek saldo rekening nasabah.
Prinsip kerja ATM pada umumnya sama dengan komputer melalui proses dan pengolahan data, setelah kartu ATM dima-sukkan kedalam mesin ATM, maka kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin.
Perkembangan tekhnologi dengan adanya ATM yang terdapat diberbagai tem-pat strategis sering mengundang pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyalah-gunakannya. Banyak kasus seperti pem-bobolan ATM baik yang melibatkan pihak dalam dari bank yang bersangkutan atau-pun tidak. Oleh karena itu penulis men-yarankan agar bank lebih memperketat kea-manan untuk ATM tersebut.
Selain itu juga pihak nasabah harus lebih hati-hati dalam menggunakan ATM agar tidak dirugikan. Nasabah sebaiknya tidak meminjamkan kartu ATM tersebut dan memberikan PIN kepada sembarang orang.


1.3.         Motifasi penelitian
Fungsi dari penelitian ini adalah untuk
1. memahami lebih dalam dan mengerti perkembangan teknologi ATM.
2. Untuk menelaah fungsi dari ATM.
3. Untuk mengetahui dampak dari ATM.


2.   Masalah

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan fasilitas internet dalam kegiatan ekonomi sudah di kembangkan secara luas. Salah sssatunya adalah  ATM, ATM akan mempermudah kegiatan ekonomi kita sehari-hari. Namun dibalik banyak kelebihannya tersebut, ada pula beberapa kelemahan dari ATM. Lalu bagaimana seharusnya kita sebagai pengguna dalam menyikapi antara kelebihan dan kelemahan tersebut..



3.   Tujuan penelitian
Tujuan dari penlitian ini adalah :
1. Untuk memahami dan mengerti perkembangan teknologi ATM.
2. Untuk mengetahui fungsi dari ATM.
3. Untuk mengetahui dampak dari ATM.


4.   Metodologi
Menurut cara perolehannya dalam penelitian ini saya juga menggunakan data sekunder, yaitu data yang berasal dari phak lain yang telah dikumpulkan dan diolah terlebih dahulu.
Sedangkan menurut sifatnya saya menggunakan data primer dan data sekunder. Dan menurut sumbernya, dalam penelitian ini saya mengumpulkan data melalui dokumentasi, yaitu mencari data-data melalui media internet.

5.   Rekomendasi


ini link pak prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar